Kamis, 31 Maret 2011

5 Jurus Efesiensi Kerja Penunjang Karir Anda

Efesiensi Kerja Akan Menunjang Karir Anda,,,

Kita selalu memulai hari dengan segudang rencana. Mau menyelesaikan tugas hari itu-lah, mau bikin janji dengan seorang klien-lah, mau membalas email dari rekan kerja di luar kota-lah, dan sebagainya. Tapi, coba lihat, apa yang Anda hasilkan begitu jam kantor usai? Paling-paling, hanya satu tugas yang selesai, sementara rencana lain tinggal rencana belaka. Nah, bagaimana menyiasati agar hari-hari Anda bisa berlalu dengan lebih efisien?

1.Janji Dengan Diri Sendiri
Luangkan waktu untuk diri Anda sendiri. Tigapuluh menit setiap hari cukup kok,untuk melakukan evaluasi tentang apa saja yang sudah dan akan Anda lakukan hari itu. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih fokus dan berkonsentrasi pada tugas-tugas hari itu.

2.Pilih Waktu Terbaik
Setiap orang memiliki masa-masa puncak setiap harinya. Ada yang merasa sangat bersemangat di pagi hari, ada yang sore hari dan sebagainya. Nah, coba cermati, kapan masa puncak Anda, lalu lakukan tugas atau kegiatan penting di waktu-waktu tersebut.

3.Hindari Obrolan Tak Penting
Yakinlah, obrolan tak penting hanya akan mengganggu kinerja dan menghabiskan waktu saja. Itu juga akan mengganggu konsentrasi kerja Anda. Jadi, jika suatu ketika ada seorang rekan kerja yang datang dan mengajak bergosip di luar jam istirahat, sebaiknya tolak dengan halus. Atau mintalah ia menunda pembicaraan sampai waktu istirahat tiba, atau kalau sangat penting, katakan Anda hanya punya waktu satu atau dua menit saja.

4.Aktivkan Penerima Pesan
Dering telepon seringkali membuyarkan konsentrasi kita saat kerja. Kalau bisa, pasang voice mail di pesawat telepon Anda, sehingga Anda tak perlu selalu mengangkat telpon setiap kali berdering. Memasang pesawat dengan fasilitas ID Caller juga bisa membantu, sehingga Anda tahu dari siapa telepon yang masuk itu berasal.

5.Patuhi Jadwal
Seringkali, kita pulang kerja dengan tumpukan pekerjaan yang belum terselesaikan hari itu. Ini tentu akan membuat pekerjaan keesokan hari bertambah. Sebaiknya, bikin jadwal dan patuhi benar jadwal tersebut. Misalnya, sebelum pulang, tentukan apa saja yang harus kita lakukan di kesempatan pertama besok paginya.

Nah,mulai sekarang bersiaplah menjadi pribadi baru yang lebih kompetitif dalam karir Anda.Sukses selalu !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar